Cari Tahu Penyebab TV Tidak Merespon Remot

2 min read

Penyebab TV Tidak Merespon Remot

Penyebab TV Tidak Merespon Remot – Bukan menjadi rahasia umum lagi jika setiap televisi harus dilengkapi dengan remote yang berfungsi untuk mengontrol dari jarak jauh. Namun terkadang sensor TV tidak akan merespon ketika remote dihubungkan ke TV. Jika hal ini terjadi, maka bisa saja diakibatkan karena beberapa faktor baik pada remot ataupun pada TV. Yuk cari tahu penyebab Televisi tidak merespon remot yang mungkin terjadi pada remot atau TV berikut.

Beragam Penyebab TV Tidak Mau Merespon Remot

Kerusakan Pada Remot TV

Jika anda mengalami TV yang tidak merespon remot maka jangan panik dulu. Hal ini bisa saja disebabkan oleh beberapa hal. Apalagi jika anda menggunakan remot joker sebagai pengganti remot bawaan. Maka hal ini bisa saja dialami karena kesalahan dalam memasukkan kode remot yang diinginkan. Namun tak hanya masalah kode remot saja, beberapa penyebab lainnya mungkin bisa menjadi kendala remot TV tidak bisa terhubung dengan remot.

Baterai Habis

Untuk memastikan remot anda tidak eror, maka cobalah untuk membuka bagian baterai. Periksalah tegangan yang tersisa pada kedua baterai yang terpasang. Anda bisa mengukurnya dengan menggunakan multitester analog ataupun digital. Namun jika anda tidak memiliki alat tersebut maka anda bisa menukar dengan baterai jam dinding atau barang elektronik lainnya. Jika baterai masih berfungsi, maka bukan menjadi penyebab Televisi tidak merespon remot.

Besi yang Berkarat

Jika anda sudah memastikan jika baterai remot tidak habis, maka penyebab remot tidak terhubung adalah besi penghubung yang berkarat. Pastikan jika baterai sudah benar benar terhubung dengan baik dan pastikan tegangan sudah mengalir pada mesin remote. Jangan lupa untuk memeriksa bagian besi atau per penghubung. Pastikan apakah per tersebut berkarat atau tidak. Pasalnya jika per berkarat maka akan menghambat arus listrik sehingga menyebabkan remot tidak berfungsi.

Baca Juga:  Pengguna LG Wajib Tahu, Berikut Kode Remot Untuk TV LG Tabung dan LCD

Kode Remote Salah

Bagi anda yang menggunakan remot multi universal yang bisa digunakan di setiap merek TV, memasukkan kode remot yang salah bisa menjadi salah satu penyebab Televisi tidak merespon remot. Untuk mengatasinya anda bisa memasukkan kode remot yang sesuai dengan tipe televisi anda. Pastikan jika kode remot tidak salah input karena akan menyebabkan remot tidak berfungsi degan baik. Salah memasukkan ini akan berakibat sangat fatal sehingga anda harus memastikan jika kode remot benar.

Kerusakan Pada TV

Tidak hanya disebabkan karena remot saja, Televisi juga bisa menjadi masalah saat terjadi kerusakan pada TV yang tidak merespon remot. Pasalnya TV yang rusak tidak akan bisa terhubung dengan remot yang baru sekalipun. Anda harus mengetahui beberapa penyebab saat tidak bisa menghubungkan remot pada TV. Beriku beberapa kerusakan pada Televisi yang tidak merespon remot.

Sensor TV Rusak

Salah satu penyebab remot tidak bisa merespon Televisi bisa disebabkan karena sensor pada TV yang rusak. Hal ini akan membuat TV tidak bisa terhubung dengan remot dan akan merepotkan para penggunanya. Untuk memastikanya anda harus membawa TV pada bagian teknisi yang sudah ahli dalam bidangnya. Sehingga seorang teknisi akan langsung melakukan perbaikan untuk mengatasi penyebab Televisi tidak merespon remot.

Akhir Kata

Saat anda mengalami beberapa kendala untuk menghubungkan remot dengan TV, maka bisa disebabkan oleh berbagai hal. Anda bisa memeriksa beberapa bagian seperti baterai remot, kode remot ataupun besi pada remot yang sudah berkarat. Selain pada remot, bisa juga penyebab kerusakan ini terjadi karena sensor TV yang rusak. Jika hal ini terjadi, maka segera saja membawanya ke tukang service televisi terdekat.

Baca Juga:  Beberapa Kode Remote TV Sharp yang Bisa Anda Coba
admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *