Penyebab TV LED Tidak Ada Gambarnya Tapi Ada Suaranya

2 min read

TV LED Tidak Ada Gambarnya

TV LED Tidak Ada Gambarnya – Masyarakat modern saat ini telah mampu memproduksi tayangan yang bisa menghibur banyak orang, seperti serial, film, hingga infotainment. Anda dapat menikmati berbagai hal melalui satu perangkat elektronik, yaitu televisi. Hampir seluruh keluarga telah memiliki TV karena banyak info yang bisa diperoleh dari alat ini. Penyebab TV LED tidak ada gambarnya tapi ada suaranya ini cukup meresahkan karena kurangnya hiburan di dalam rumah. Yuk cek di sini!

Cara Memperbaiki TV LED yang Tidak Memunculkan Gambar

Kerusakan Pada IC Gamma AS-15

Salah satu penyebab yang membuat televisi tidak bisa memunculkan gambar ialah bagian IC di dekat modul Tcon mengalami kerusakan. IC Gamma AS 15 ini dalam keadaan normal tidak akan terasa panas sangat tinggi, terutama bila anda memiliki multitester. Bila diukur dan mengindikasikan ada kerusakan, biasanya menunjukkan tegangan hingga 50 volt. Bagian ini akan terasa panas luar biasa, maka IC dekat modul Tcon sudah tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

Mendeteksi kerusakan dari IC Gamma AS-15 ini bisa dilakukan dengan cara lain, yaitu cukup melihat langsung ke panel televisi. Layar akan menunjukkan warna biru dan tampak blank, meskipun suara tetap normal. Penyebab TV LED tidak ada gambarnya tapi ada suaranya ini dapat diatasi dengan mengganti IC yang rusak dengan komponen baru. Dengan begitu, televisi LED atau LCD yang anda miliki dapat dinyalakan dan siap ditonton.

Kerusakan Pada Lampu Backlight Short

Penyebab lainnya yang membuat TV tidak bisa menyala, yaitu lampu backlight short yang tidak lagi berfungsi atau mati. Lampu ini dirangkai secara seri, sehingga tegangan dialirkan secara kontinu dari satu lampu ke lampu yang lain. Bila salah satu lampu padam, maka tidak ada aliran ke lampu lainnya sehingga tegangan dari Boost Converter juga tidak dapat diteruskan. Padahal telah menghasilkan tegangan DC yang cukup tinggi.

Baca Juga:  Cari Tahu Penyebab TV Gambarnya Setengah

Mengetahui indikasi lampu backlight short ini mati atau rusak cukup mudah. Anda cukup menyalakan televisi dan menyiapkan senter untuk diarahkan ke panel televisi LED. Bila penyebab TV LED tidak ada gambarnya tapi ada suaranya ini lampu backlight, maka akan tampak gambar bergerak gerak. Cara untuk mengatasinya cukup mengganti lampu yang rusak atau juga bisa mengganti secara keseluruhan atau satu set.

Lepasnya Kabel LVDS

Saat televisi mendadak mati, sering kali bingung cara tepat untuk mengatasinya karena kurang pengetahuan seputar alat elektronik. Anda harus memastikan seluruh komponen atau kabel telah terhubung dengan baik, sehingga TV bisa menyala dengan baik. Salah satu penyebab televisi LED tidak menampilkan gambar karena kabel LVDS belum terpasang atau kurang kencang. Bila hal ini terjadi, anda cukup memasangnya pada port yang tersedia.

Kerusakan pada Software

Apa yang terjadi bila telah mengecek lampu backlight short dan IC Gamma AS-15, tetapi tidak ada kesalahan pada dua komponen tersebut? Kerusakan bisa disebabkan software yang dijalankan di dalam sistem kerja televisi LED anda. Bila penyebab TV LED tidak ada gambarnya tapi ada suaranya ini dikarenakan software, maka anda tidak perlu membeli komponen baru. Cukup melakukan flash TV memakai Firmware dengan cara yang cukup mudah.

Kesimpulan

Mengatasi TV yang tidak bisa menampilkan gambar tidak perlu diwarnai dengan rasa panik. Hal pertama yang harus dilakukan ialah memastikan penyebab tv tiba tiba berubah menjadi berwarna gelap. Terdapat empat kemungkinan televisi LED tidak menampilkan gambar, yaitu kerusakan pada IC Gamma AS-15, software, lampu backlight short dan lepasnya kabel LVDS. Manakah yang pernah anda alami saat menyaksikan televisi di rumah?

Baca Juga:  Praktis Dan Mudah, Berikut Cara Memasukan Kode Remot Tv Yang Bisa Dilakukan
admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *