3 Penyebab TV Mati Sendiri dan Cara Memperbaikinya

2 min read

Penyebab TV Mati Sendiri

Penyebab TV Mati Sendiri – Cukup banyak orang yang dibuat kebingungan sebab TV mati sendiri lalu hidup dan seringkali hidup sendiri, tentu saja bila ini didiamkan terus-terusan akan mengganggu Anda saat sedang melihatnya serta komponen yang ada didalamnya akan rusak lebih parah.

Karena masih sedikit yang mengulas permasalahan ini, kami akan coba memberi jalan keluar bagi sobat pembaca semua untuk melakukan perbaikan tv mati sendiri serta hidup sendiri, artikel ini dibuat dengan melihat dari beberapa sumber terpercaya, jadi Anda jangan khawatir untuk mengikutinya.

Di kesempatan ini, artikel yang akan kami buat ialah tentang penyebab tv mati sendiri, kemungkinan pembelajaran ini diperlukan oleh teknisi pemula yang belum pernah mendapati permasalahan semacam ini, karena itu Anda harus membacanya hingga tuntas.

Penyebab TV Mati Sendiri

Di bawah ini beberapa penyebab yang membuat kerusakan pada tv Anda, setelah tahu apa penyebabnya baru Anda bisa melakukan perbaikan.

Komponen Tidak Merekat Sempurna

Permasalahan yang pertama dan umum terjadi ialah sebab ada beberapa komponen yang tidak merekat dengan sempurna, maksudnya timah tidak melekat dan bisa dilihat dengan sinyal ada retakan disekitar timah.

Bila tidak benar benar merekat maka komponen tidak berfungsi secara baik, lebih tepatnya komponen jadi longgar, ini ialah alasan mengapa tv Anda mati sendiri, bisa disebabkan tergoyang, atau hal yang lain.

Untuk megatasi ini Anda wajib untuk membuka TV serta memeriksa satu persatu komponen pada mesin, adakah yang longgar atau tidak, atau ada retakan atau mungkin tidak, bila ada Anda bisa mencoba dengan menyolder lagi komponen itu sampai betul-betul merekat.

Baca Juga:  Ingin Tahu Kode Remot Tv Toshiba? Yuk Simak Caranya Disini

Disamping itu janganlah lupa untuk membersihkan memakai cairan Tenner serta sikat gigi kecil, bersihkan secara rata supaya kotoran, karat hilang yang kemungkinan menjadi salah satunya pemicu kerusakan ini.

Periksa Transistor Horizontal

Transistor horizontal juga masih terkait dengan layar tv, bila ini memiliki masalah maka tampilan layar akan turut bermasalah, yang ke-2 ini tidak susah, Anda hanya harus mengecek kondisi fisiknya saja, apa terlihat terbakar atau panas sekali saat disentuh.

Transistor Horizontal

Bila terlihat ada sisa terbakar kemungkinan sudah rusak, tapi saat disentuh berasa panas sekali berarti transistor horizontal itu perlu diganti dan sudah drop, bila tidak lekas diganti kemungkinan akan menjalar pada komponen yang lain.

Periksa Komponen Yang lain

Terakhir Anda dapat juga melihat kondisi fisik komponen yang lain seperti Elco, umumnya permasalahan pada elco dapat dilihat dari fisik yang telah berubah bentuk yakni menggelembung, retak, serta ada sisa seperti terbakar.

Bila mendapatkan ciri semacam itu Anda harus menggantinya sesuai ukuran supaya tidak ada permasalahan lagi kedepannya, jadi silahkan check masing masing komponen yang terkait dengan layar anda.

Akhir Kata

Demikian artikel tentang penyebab tv mati sendiri serta cara melakukan perbaikannya, untuk panduan lebih detilnya Anda bisa terus ikuti Website ini, mudah-mudahan artikel ini berguna, kami ucapkan terima kasih karena Anda telah berkunjung ke sini…

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *