Penyebab Layar TV LCD Bergaris Horizontal Dan Cara Mengatasinya

2 min read

Penyebab Layar TV LCD Bergaris Horizontal

Penyebab Layar TV LCD Bergaris Horizontal – Menonton televisi masih menjadi salah satu kegiatan mencari hiburan yang paling murah. Sehingga hampir setiap rumah pasti memiliki benda persegi ini. Namun memiliki televisi bukan berarti akan lepas dari masalah. Karena sekalipun tv anda sudah menggunakan yang terbaru yakni LCD atau LED tetap ada masalah. Salah satunya adalah layar bergaris horizontal. Selengkapnya anda bisa menyimak penyebab layar tv lcd bergaris horizontal dan solusinya dalam ulasan berikut.

Mengintip Penyebab Layar TV Jenis LCD Muncul Garis Horizontal

Penyebab Layar TV LCD Bergaris Horizontal

Bagi para teknisi adanya garis di tengah merupakan masalah yang sering terjadi. Karena sering terjadi, maka para teknisi juga sudah terbiasa untuk mencari solusinya. Sebenarnya anda tak perlu panik ketika televisi anda mengalami hal demikian. Kini, anda bisa menyelesaikannya sendiri. Yang menyebabkan adanya garis di bagian tengah ini adalah rusaknya salah satu komponen vertikal di dalam tv. Jika yang muncul garis vertikal yang rusak bisa komponen horizontalnya.

Hanya saja, anda tidak bisa hanya berfokus pada satu komponen saja. Sebab, kemungkinan besar ada kerusakan lainnya yang juga butuh untuk anda periksa. Memperbaiki masalah satu ini sebenarnya memang tidaklah sulit. Anda bahkan hanya membutuhkan waktu yang tidak lama. Jika memang disebabkan karena komponen rusak, maka bisa langsung diganti. Tetapi jika penyebab layar tv LCD bergaris horizontal belum diketahui maka anda akan kesulitan.

Cara Mengatasi Layar TV LCD Bergaris Horizontal

Setelah anda mengetahui dengan pasti penyebabnya, maka anda harus melakukan sesuatu. Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan, jika anda memang sudah biasa untuk memperbaiki barang elektronik. Untuk mengikuti langkah selanjutnya, ada baiknya jika anda memeriksa beberapa hal terlebih dahulu. Coba diperiksa pada bagian IC Vertikal, Ocilator Vertikal dan juga Output Vertikal. Selengkapnya simak penjelasannya.

Baca Juga:  Tutorial Lengkap Cara Masuk Service Mode TV China (Komplit)

Memeriksa Bagian IC Vertikal

Bagian IC vertikal merupakan bagian yang sangat mudah untuk rusak. Dan kerusakannya ditandai dengan munculnya garis horizontal pada layarnya. Umumnya bagian satu ini berada dekat dengan regulator, IC Croma dan Flyback. Sehingga anda bisa berfokus juga kepada bagian yang dekat bagian IC Vertikal. Untuk mengetahui penyebab layar tv lcd bergaris horizontal, anda bisa mengukurnya dengan menggunakan multitester analog.

IC Vertikal TV

Dengan begitu anda bisa mengetahui apakah komponen tersebut rusak atau tidak. Anda bisa melakukan pengukuran pada kaki vcc IC vertikal untuk tahu tegangan normalnya. Apabila menunjukkan angka 24VDC, maka bisa dikatakan jika IC vertikal dalam kondisi baik baik saja. Lanjutkan penelusuran anda hingga menemukan bagian mana yang rusak agar segera mengganti dengan yang baru.

Memeriksa Bagian Ocillator

Bagi anda yang masuh belum menemukan adanya masalah di bagian IC vertikalnya, maka anda bisa memeriksa bagian ocillatornya. Oscillator ini letaknya berada di dekat IC Croma dan masih ada hubungan dengan IC tersebut. Sederhananya, jika IC Croma bermasalah maka komponen vertikalnya juga bermasalah. Anda bisa mengecek tegangannya, panasnya yang normal atau tidak. Dengan begitu anda akan tahu penyebab layar tv lcd bergaris horizontal.

Pada solusi kedua ini Anda harus mengetahui tegangan Output IC Croma, pada umumnya IC tersebut memiliki tegangan sekitar 16VDC tetapi jika lebih dari itu berarti bisa jadi IC vertikal rusak, selain itu juga biasanya ditandai dengan IC pendingin yang panasnya tidak wajar dalam artian TV baru dihidupkan tetapi sudah panas , ini berarti Anda harus mencurigai IC tersebut.

Untuk bisa mengatasi masalah ini, anda memang tidak bisa berfokus pada salah satu penyebab saja. Anda harus benar benar melakukan pengecekan satu per satu. Dengan begitu anda bisa segera mengambil tindakan jika ada komponen yang rusak dan wajib diganti. Apabila rusak, langkah yang bisa anda lakukan adalah menggantinya dengan yang baru. Dengan begitu televisi anda akan bisa digunakan dengan normal lagi.

Baca Juga:  Kode Remot TV Konka Tabung dan LED Terlengkap
admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *