Kode Remot TV Sanken Beserta Cara Settingnya

2 min read

Kode Remot TV Sanken

Kode Remot TV Sanken – Setiap membeli TV Sanken baru, umumnya Anda akan mendapatkan remot bawaan yang dilengkapi dengan aneka tombol dengan fungsi beragam. Namun bagaimana jadinya jika remote tersebut menghilang tanpa menginggalkan jejak sedikitpun ? Beruntungnya Anda bisa menggunakan remot baru walaupun harus mengubah pengaturannya terlebih dahulu, agar bisa dioperasikan sesuai perintah. Berikut kode remot TV Sanken beserta Cara Settingnya.

Mengenal Kode Khusus Remot Sanken

Setidaknya ada dua jenis kode yang bisa Anda gunakan agar remot multi dapat dioperasikan sesuai kebutuhan, yaitu kode untuk televisi tabung dan kode televisi LED. Dengan kata lain, sang pengguna remot harus memastikan jenis televisi yang hendak disambungkan dengan remotnya. Sebab setiap jenis televisinya memiliki kode berbeda, dan remot tidak akan berfungsi ketika memasukkan kode yang kurang tepat.

Khusus bagi mereka yang menggunakan tabung Sanken, ada beberapa kode yang perlu dihafalkan untuk menggunakan remot multinya. Kode tersebut terdiri dari 040, 024, 073, 102, 103, 104, 181, 215, dan 224. Dan perlu ditekankan sekali lagi bahwa beberapa kode remot TV Sanken tersebut hanya berlaku untuk televisi Sanken tabung, dan tidak akan berlaku untuk jenis televisi Sanken LED.

Berbeda halnya dengan kode untuk jenis televisi Sanken LED yang terdiri dari 024, 040, 102, 103, 104, 181, 215, dan 224. Jika diperhatikan dengan teliti, ada beberapa kode yang hampir serupa dengan kode televisi Sanken tabungnya. Kemudian apa yang membedakan kedua kode tersebut dan kenapa tidak dijadikan satu saja ? Sebab, belum tentu satu kode yang ada dapat berfungsi untuk televisi Sanken kesayangan Anda.

Pasalnya dalam beberapa kasus yang pernah terjadi, terkadang ada saja kode yang tidak berfungsi yang membuat Anda harus mencoba kembali setidaknya 3 digit angka lainnya. Hal ini akan dilakukan berulang hingga pada akhirnya menemukan kode tepat. Salah satu ciri apabila kode remot TV Sanken telah ditemukan, yaitu lampu sensornya yang akan mati secara otomatis usai memasukkan kodenya.

Baca Juga:  3 Penyebab TV Tidak Ada Gambar, Anda Wajib Tahu!

Cara Mengatur Kode Untuk Remot Televisi Merk Sanken

Setelah mengetahui beberapa kodenya, saatnya untuk mengetahui langkah tepat untuk mengubah pengaturannya. Sebelum melakukannya, pastikan Anda telah menggunakan remot TV multi karena pengaturan kodenya dapat disesuaikan dengan merk TV yang hendak dihubungkan. Sebab tidak semua jenis remote dapat digunakan sebagai pengganti remote bawaan, sehingga dibutuhkan ketelitian agar tidak salah dalam membelinya.

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah kondisi remot multi apakah dapat berfungsi dengan baik ataukah tidak. Setelah itu silahkan tekan tombol “set” selama beberapa detik hingga lampu sensornya menyala. Kemudian masukkan tiga digit angka kode yang telah dikupas sebelumnya, hingga lampu sensornya mati secara otomatis. Lalu bagaimana jadinya jika lampu sensornya tidak mau mati ?

Hal ini memandakan bahwa kode remot TV Sanken yang dimasukkan kurang tepat ataupun adanya kesalahan, sehingga Anda perlu menekan tombol “set” kembali hingga mati yang berfungsi mereset kode TV Sanken sebelumnya. Ketika lampu sensor berhasil mati secara otomatis, cobalah untuk menghubungkan dengan televisi Sanken tersebut. Untuk memastikan apakah remot bekerja optimal, silahkan pencet beberapa tombol yang ada secara bergantian.

Kesimpulan

Kehilangan remote televisi bawaan memang dapat membuat panik pemiliknya, namun tidak perlu khawatir karena Anda bisa membeli yang baru sebagai gantinya. Sayangnya dibutukan kode tertentu agar remote dapat berfungsi optimal sesuai perintah yang diberikan. Ada beberapa langkah yang harus dilakukan, mulai dari menekan tombol set hingga berusaha mencoba menghubungkan antara televisi dan remotnya apakah sudah bisa digunakan ataukah belum.

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *