Begini Cara Memasang Set Top Bok di TV Analog dengan Mudah

2 min read

Memasang Set Top Bok di TV Analog

Siaran TV di Indonesia akan beralih secara bertahap ke siaran digital, hal tersebut sudah mulai dari bulan Agustus 2021 lalu. Agar bisa menyaksikan siaran digital masyarakat harus memasang set top box di TV analog.

Walaupun siaran analog masih dapat disaksikan, tetapi tidak ada salahnya memasang set top box di TV analog sekarang. Anda dapat menyaksikan siaran percobaan di beberapa saluran TV.

Hal tersebut karena siaran TV analog akan secara total digantikan ke siaran digital pada bulan November 2022 mendatang. Sehingga penting sekali dari sekarang mempersiapkan diri dengan memasang set top box di TV analog.

Supaya bisa menyaksikan siaran TV digital tidak perlu mengganti TV ataupun antena. Hal terpenting yang perlu dipersiapkan yakni alat bernama set top box (STB).

Apa Itu Set Top Box (STB)?

Set top box merupakan sebuah alat untuk mengubah sinyal siaran digital sehingga hasil outputnya bisa disaksikan di TV analog atau tabung. Untuk menangkap sinyal digital tidak perlu menggunakan antena khusus, Anda bisa menggunakan antena UHF/VHF.

Saat ini sudah banyak yang menjual STB yang memiliki standar TV digital dengan suport DVB-T2 (digital video broadcasting-second generation terrestrial). Sehingga hasil gambar dan suaranya memiliki kualitas baik dibandingkan dengan siaran analog.

Maka dari itu, bagi Anda yang akan membeli STB, pastikan untuk memilih STB yang bertuliskan DVB-T2. Selain itu, untuk STB sekarang ada tambahan gambar MODI, sebagai tanda alat tersebut aman digunakan.

Bagaimana cara Mendapatkan Set Top Box TV Digital dari Kominfo?

Saat ini merupakan tahap awal migrasi dari siaran analog ke digital, yang telah dimulai sejak bulan kemarin. Kabarnya, Kominfo akan membagikan STB secara gratis kepada masyarakat yang tidak mampu agar bisa mengakses siaran digital.

Baca Juga:  Cara Mudah Convert PDF ke Word (Online dan Offline)

STB digital dari Kominfo tersebut akan dibagikan secara cuma-cuma kepada masyarakat, tetapi dengan syarat tertentu. Adapun syarat untuk mendapatkan STB TV digital dari pemerintah, yakni sebagai berikut:

1. Memiliki KTP elektronik sebagai WNI
2. Golongan rumah tangga miskin yang mempunyai televisi dan terdaftar di DTKS (data terpadu kesejahteraan sosial)
3. Rumah berada di lokasi cakupan siaran terdampak ASO

Pendistribusian STB gratis ini akan disalurkan sesuai dengan data penerima bantuan yang terdaftar di DTKS.

Bagaimana Cara Memasang Set Top Box di TV Analog?

Sinyal siaran TV digital hanya bisa Anda saksikan dengan menggunakan perangkat STB yang terhubung dengan TV analog Anda. Dengan begitu, penting sekali mengetahui bagaimana caranya memasang STB dengan baik ke TV tabung atau analog.

Nah, di bawah ini ada beberapa langkah memasang STB ke TV analog, adapun caranya sebagai berikut:

1. Persiapkan sebuah perangkat STB.
2. Cek terlebih dahulu pada panel dan port yang terdapat di belakang STB maupun belakang TV.
3. Selanjutnya, hubungkan kabel AV (audio video) atau HDMI dari STB ke TV.
4. Lalu, nyalakan TV dan STB, kemudian pilih TV AV melalui remote TV
5. Selanjutnya, melakukan pencarian saluran digital dengan menggunakan remote STB.
6. Memilih saluran Anda bisa pilih saluran otomatis, tunggu hingga selesai.
7. Setelah itu, akan ada beberapa saluran TV digital yang bisa Anda saksikan.

Walaupun saat ini belum semua beralih ke siaran digital, tapi Anda bisa menikmati siaran digital dari sejumlah stasiun TV.

Akhir Kata

Era TV digital di Indonesia segera dimulai, penting sekali menyiapkan STB dari sekarang. Perangkat penting ini mampu menangkap sinyal digital dengan menampilkannya di TV analog.

Baca Juga:  Yuk Mengenal Persamaan IC LA 78141 Yang Wajib Anda Tahu

Pastikan Anda memiih STB kualitas baik yang telah disarankan Kominfo. Untuk memasang STB ke TV analog juga cukup mudah Anda bisa ikuti langkah-langkah di atas sebagai panduannya.

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *